7 Teknik Dasar Permainan Bola Voli dan Macam Gerakannya : Okezone Sports

7 Teknik Dasar Permainan Bola Voli dan Macam Gerakannya : Okezone Sports

MARI ketahui 7 teknik dasar permainan bola voli dan macam gerakannya supaya dapat bermain dengan benar. Seorang atlet voli yang menguasai teknik dasar dapat membantu tim meraih kemenangan.

Mempelajari beberapa teknik ini meningkatkan fondasi sebagai atlet voli terbaik. Sama seperti olahraga lainnya, teknik permainan bola voli sangat beragam. Dengan disiplin dan dedikasi, teknik ini dapat dilatih.

Voli

Berikut 7 teknik dasar permainan bola voli dan macam gerakannya yang dapat dipelajari:

7. Pukulan Service

Service

Service merupakan teknik dasar dalam permainan bola voli. Sebelum mempelajari teknik lainnya, atlet voli harus menguasai teknik pukulan service.

Teknik yang baik dalam pukulan service dapat memberikan tekanan kepada lawan. Contoh berlatih pukulan servis seperti underhand, overhand, floater, top spin, dan jump.

6. Pukulan Bawah (Bump)

Bump

Teknik dasar bump digunakan untuk mengembalikan bola yang datang rendah. Pastikan untuk menjaga lengan tetap lurus untuk mengarahkan atau mengoper bola. Dengan teknik ini bola memantul ke tempat tujuan.

5. Setter

Setter

Dalam permainan bola voli dikenal istilah setter. Tujuan teknik ini untuk mengoper bola supaya dapat diantarkan dengan akurat kepada rekan tim yang akan melakukan serangan.

Pengembangan dari teknik setter sangat beragam sesuai kondisi dan situasi. Namun, beberapa teknik setter paling umum meliputi set standar, set dada, set kepala, set tinggi, dan set duduk.


Follow Berita Okezone di Google News


4. Teknik Blocking

Blocking

Selain melakukan service, atlet voli juga harus belajar bertahan supaya tim lawan tidak mendapatkan poin. Penggunaan teknik dasar blocking sejatinya untuk menghentikan serangan lawan.

Atlet voli harus melatih kemampuan melompat, mengarahkan tangan untuk menghalangi bola melewati net, dan kuda-kuda. Untuk mengoptimalkan posisi ini atlet harus memanfaatkan lengan dengan maksimal.

Baca Juga  Cara Investasi Jangka Panjang Di Bekasi Ampuh

3. Penerimaan Bola

Receive

Atlet voli juga harus menguasai teknik dasar menangkap bola (receive). Penting bagi atlet melatih reaksi cepat, postur tubuh, dan penggunaan lengan untuk menangkan dan mengontrol bola. Dengan teknik ini, peluang menang semakin besar.

2. Teknik Attacking

Attacking

Bagian penting dari teknik dasar permainan bola voli adalah attacking atau menyerang. Tujuan dari teknik ini untuk memasukan bola ke net lawan. Salah satu teknik attack adalah hitting dengan cara melompat sambil memukul bola.

1. Digging

Digging

Teknik dasar digging dilakukan dengan menggunakan tangan dan lengan atas untuk mengarahkan bola. Umumnya digging dilakukan hanya dalam keadaan darurat.

Untuk mencapai kemampuan ini pemain harus memperhatikan posisi tubuh dan gerak tangan.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *