Formasi CPNS 2023 Lulusan SMK, Cara Daftar dan Syarat : Okezone Economy

Formasi CPNS 2023 Lulusan SMK, Cara Daftar dan Syarat : Okezone Economy

JAKARTA – Setidaknya terdapat beberapa formasi CPNS 2023 lulusan SMK yang sangat menarik untuk kalian coba mendaftar. Karena pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) kembali membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2023.

Terdapat 8 instansi dan kementerian yang saat ini membuka banyak lowongan bagi para lulusan SMK. Ada berbagai syarat berupa dokumen dan kelengkapan yang tidak boleh dilupakan calon pendaftar, agar tidak menyesal nantinya.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (18/8/2023), berikut ini Okezone merangkum informasi mengenai formasi CPNS 2023 lulusan SMK beserta cara daftar dan syarat:

1. Badan SAR Nasional (Basarnas)

Pertama adalah Basarnas yang termasuk instansi strategis di Tanah Air. Tujuan pembukaan formasi ini umum dilakukan untuk mengisi beberapa posisi baru yang kebutuhannya tersebar di seluruh Indonesia.

2. Kejaksaan Agung (Kejagung)

Kedua, instansi Kejagung juga tidak ketinggalan membuka kesempatan dalam formasi buat para lulusan SMK atau sederajat. Tercatat setidaknya ada 990 posisi yang dibuka kali ini. Peluang ini terdiri dari pengadministrasi penanganan perkara dan pengawal tahanan.


Baca Juga: 7 Keunggulan Mobil Innova Reborn, Wajib Tahu Sebelum Beli!


Follow Berita Okezone di Google News


3. Kementerian Pertanian

Berikutnya adalah instansi Kementerian Pertanian yang kali ini juga masuk sebagai salah satu instansi yang sudah membuka formasi CPNS 2023 bagi para lulusan SMK dan sederajat. Kementerian satu ini memang merupakan favorit para calon pendaftar.

4. Badan Intelijen Negara (BIN)

Instansi BIN atau Badan Intelijen Negara juga termasuk yang membutuhkan tenaga baru. BIN menyediakan formasi khusus yang sesuai untuk para lulusan SMA dan sederajat. Beberapa formasi yang tersedia antara lain pengadministrasian rekam medis dan informasi, serta pramu laboratorium.

Baca Juga  Desain Rumah Bergaya Modern Klasik Masih Diminati Masyarakat

5. Kemenkumham

Lowongan untuk kamu yang merupakan lulusan SMK juga dibuka oleh pihak Kemenkumham. Posisi yang tersedia yaitu penjaga tahanan.

Kemenkumham termasuk dalam kementerian yang selalu ramai peminatnya. Jika kamu berminat untuk melamar di Kemenkumham, maka siap-siap untuk menghadapi ketatnya persaingan.

6. Kementerian Pertahanan

Kementerian Pertahanan kali ini juga turut serta dalam membuka formasi untuk lulusan SMK atau sederajat. Posisi yang dibuka adalah pengemudi ambulans dan kataloger pemula.

7. Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Pada tahun 2023 ini, Kementerian Perhubungan membuka formasi bagi para lulusan SMK atau sederajat dengan jumlah 684 formasi. Posisi yang tersedia antara lain sebagai perekayasa, petugas pertolongan kecelakaan penerbangan, dan pemadam kebakaran.

8. Kementerian Lingkungan Hidup (KLH)

Pada tahun 2023 ini Kementerian Lingkungan Hidup juga membuka formasi untuk para lulusan SMK. Adapun posisi yang dibutuhkan kali ini adalah polisi hutan yang nantinya berkaitan dengan perhutanan dan pertanian.

Berikut adalah tata cara pendaftaran CPNS 2023

  • Bikin akun SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id.
  • Lengkapi informasi mulai dari NIK, no KK, no HP, dan email aktif.
  • Setelah selesai, lakukan log in kembali.
  • Lengkapi data diri dan unggah swafoto.
  • Pilih jenis seleksi CPNS.
  • Pilih formasi lulusan atau tingkat pendidikan yang dibuka
  • Unggah dokumen yang diperlukan sesuai dengan ukuran dan format
  • Cetak kartu dan periksa resume lalu akhiri pendaftaran
  • Pendaftaran selesai
  • Mengenai informasi lebih lanjut, bisa mengakses sscasn.bkn.go.id.

Dokumen Persyaratan CPNS 2023

Demi memperbesar keunggulan lolos tes CPNS, maka sebaiknya kamu mulai mempersiapkan apa saja dokumen administrasi yang perlu dilampirkan dalam pendaftaran. Berikut ini di antaranya:

  • Fotokopi ijazah SMA, SMK, atau sederajat
  • Fotokopi transkrip nilai
  • Fotokopi E-KTP
  • Fotokopi akte
  • Fotokopi surat keterangan
  • Pas foto formal
  • CV atau daftar riwayat hidup
  • Dokumen pendukung yang sesuai dengan persyaratan dari instansi terkait. Seperti SKCK, Toefl, Surat Bebas Narkoba, dan lainnya.
Baca Juga  7 Teknik Dasar Permainan Bola Voli dan Macam Gerakannya : Okezone Sports

Nah, itulah beberapa formasi CPNS 2023 lulusan SMK dan SMA sederajat. Dengan dibukanya formasi tersebut diharapkan semakin meningkatkan semangat kamu untuk menjadi abdi negara.

Mengingat persaingan menjadi CPNS begitu ketat, kamu harus mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari. Termasuk persiapan menghadapi tes kemampuan dasar.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *