Kolaborasi RI-Inggris Bantu Keterampilan Bahasa Inggris PNS Timor Leste

Kolaborasi RI-Inggris Bantu Keterampilan Bahasa Inggris PNS Timor Leste

Jakarta: Pemerintah Inggris dan Indonesia menggelar serangkaian sesi pelatihan bahasa Inggris, keterampilan diplomatik, negosiasi dan penyusunan komunike untuk sekelompok pegawai negeri sipil (PNS) Timor Leste di Jakarta. 
 
Pelatihan yang berlangsung sepekan itu bertujuan membangun dan mengembangkan kemampuan para diplomat Timor Leste guna membantu pekerjaan mereka di forum internasional, khususnya di ASEAN. 
 
Duta Besar Inggris untuk ASEAN Sarah Tiffin mengatakan, negaranya sangat mendukung keanggotaan Timor Leste dalam ASEAN. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Saya yakin keterampilan yang diberikan melalui pelatihan yang ditargetkan ini akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan kita dari Timor Leste seiring dengan kinerja Timor Leste yang semakin erat dengan ASEAN,” ucap Tiffin dikutip dari pernyataan Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Jumat, 11 Agustus 2023. 
 
Pelatihan ini diberikan dalam bahasa Inggris oleh British Council. Hal ini diharapkan membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris para diplomat Timor-Leste bersamaan dengan keterampilan diplomasi inti.
Pelatihan Bahasa Inggris ini diselenggarakan di sela-sela Program Peningkatan Kapasitas yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Kerjasama ASEAN, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. 
 
“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kedutaan Besar Inggris yang telah menyetujui untuk memberikan pelatihan Bahasa Inggris dan keterampilan profesional kepada peserta magang asal Timor-Leste dari 1 Agustus hingga 8 September 2023. Pelatihan ini sangat berharga untuk mendukung kemampuan bahasa Inggris mereka untuk berpartisipasi dalam pertemuan-pertemuan ASEAN,” ujar Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kemenlu RI Sidharto Suryodipuro. 
 
Tahun ini, Indonesia menerima 30 PNS dari Timor-Leste dari bulan Juni hingga November untuk mengikuti program magang selama tiga bulan di seluruh Kementerian/Lembaga Indonesia. 
 
Para PNS ini dibagi menjadi tiga kelompok, masing-masing kelompok akan mendapatkan pengalaman langsung untuk menangani acara-acara dan pertemuan ASEAN, bekerja sama dengan kementerian-kementerian Indonesia yang terkait dengan tiga Pilar ASEAN, yakni Komunitas Keamanan ASEAN (ASC), Komunitas Ekonomi ASEAN (AEC) , dan Komunitas Sosial Budaya ASEAN (ASCC). 
 
Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor-Leste Matthew Downing menuturkan, bahasa Inggris merupakan bahasa global dan saat ini semakin banyak orang yang mendedikasikan waktunya untuk belajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. 
 
“Pelatihan ini bertujuan untuk mendukung pegawai negeri Timor-Leste, dan membangun kemampuan mereka, saat mereka menjalankan tugasnya sebagai pegawai negeri  membantu pemerintah Timor-Leste dalam memberikan pelayanan publik,” tuturnya. 
 
Menurutnya, lewat pelatihan ini, para PNS Timor Leste dapat meningkatkan keterlibatan mereka di dunia internasional. Semua itu, kata Downing, membutuhkan kemampuan bahasa Inggris dan diplomasi yang baik yang akan membuka akses ke banyak sumber pengetahuan dan membangun hubungan antar manusia. 
 
“Saya sangat bangga bahwa Inggris dan Indonesia bekerja sama untuk memberikan kesempatan pelatihan ini bagi rekan-rekan kita dari Timor-Leste,” tutupnya. 
 
Timor Leste sedang dalam persiapan untuk bergabung menjadi anggota ke-11 ASEAN. Proposal keanggotaannya telah disetujui pada KTT ke-41 ASEAN tahun lalu di Kamboja, dan roadmap menuju keanggotaan tetap sudah disampaikan saat KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo pada Mei lalu.
 
Baca juga: Bersama SEAQIL, Pusat Budaya Indonesia Gelar Lokakarya Bahasa di Timor-Leste
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(FJR)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Kudeta di Niger, Kemlu RI Pastikan 3 WNI dalam Kondisi Aman : Okezone Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *