Menko Luhut Bahas Infrastruktur Hijau dengan Menlu AS : Okezone Economy

Menko Luhut Bahas Infrastruktur Hijau dengan Menlu AS : Okezone Economy

JAKARTA – Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan US Secretary of State, Anthony Blinken. Dalam bahasa pertemuan tersebut membahas perkembangan hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat. Pertemuan ini menyoroti komitmen kedua negara dalam memperkuat kerja sama di berbagai bidang strategis.

Luhut menyampaikan rasa terima kasih atas hubungan yang kokoh antara Indonesia dan Amerika Serikat serta pentingnya nilai bersama dan saling menghormati dalam memajukan kerja sama kedua negara.

“Saya menggarisbawahi pentingnya memperkuat hubungan bilateral di tahun 2024, yang akan menjadi peringatan ke-75 hubungan diplomatik Indonesia-Amerika Serikat. Upaya untuk meningkatkan kerja sama dalam bidang strategis, termasuk dalam sektor maritim, pertahanan, perubahan iklim, infrastruktur hijau, dan teknologi, menjadi salah satu fokus utama pembicaraan,” kqta Luhut dalam keterangan tertulis, Selasa (8/8/2023).

Di sisi lain, Indonesia juga mengapresiasi dukungan Amerika Serikat selama masa kepemimpinan Indonesia dalam G20 dan memuji peran Indonesia dalam memimpin ASEAN serta mendukung keutamaan ASEAN sebagai pemangku kepentingan kunci dalam kawasan.

Dalam konteks ini, tema “ASEAN Matters: Episentrum Pertumbuhan” menjadi perbincangan hangat, menggarisbawahi potensi pertumbuhan ASEAN yang semakin pesat.

Indonesia mengajak Amerika Serikat untuk terus berkontribusi dalam menjaga stabilitas dan pertumbuhan regional, dengan membuka peluang kolaborasi potensial di ASEAN East Asia Summit.

Baca Juga: Bertabur Hiburan dan Edukasi Keuangan, Pesta Rakyat Simpedes 2023 Siap Menyapa Warga Bandung


Follow Berita Okezone di Google News


Kedua pihak menyepakati pentingnya partisipasi Presiden Joe Biden dalam KTT ASEAN mendatang, sebagai upaya untuk meningkatkan dialog dan kolaborasi regional yang lebih erat.

Dalam semangat menjalin kerja sama yang lebih kuat dan bermanfaat, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan US Secretary of State, Anthony Blinken, berkomitmen untuk terus memajukan hubungan bilateral yang saling menguntungkan dan menciptakan dampak positif bagi kedua negara dan kawasan.

Baca Juga  Nama Juri yang Mendakwa Trump Beredar Luas dan Diduga Terima Ancaman

“Kami berharap pertemuan ini akan membawa hubungan Indonesia dan Amerika Serikat ke tingkat yang lebih tinggi dan mendorong kolaborasi yang berkelanjutan untuk mewujudkan tujuan bersama dalam mencapai stabilitas dan kemakmuran regional,” tutup Menko Luhut.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *