Polusi Udara Memburuk, Ini 5 Cara Terhindar dari Radang Tenggorokan : Okezone health

Polusi Udara Memburuk, Ini 5 Cara Terhindar dari Radang Tenggorokan : Okezone health

KINI masyarakat mengeluhkan polusi udara di Ibu Kota Jakarta yang makin meningkat. Tentu publik khawatir dengan masalah kesehatan yang bisa mengancam mereka.

Salah satunya ialah penyakit radang tenggorakan. Perlu diketahui bahwa kondisi udara yang buruk juga bisa menyebabkan masalah pada saluran pernapasan termasuk radang tenggorakan.

 radang

Dilansir Mayo Clinic, radang tenggorokan adalah infeksi bakteri yang dapat membuat tenggorokan Anda terasa sakit dan gatal. Jika tidak diobati, radang tenggorokan dapat menyebabkan komplikasi, seperti radang ginjal atau demam rematik.

Radang tenggorokan paling sering terjadi pada anak-anak. Namun, di kondisi udara yang kotor, penyakit ini bisa saja menyerang segala usia dengan mudah.

 BACA JUGA:

Berikut beberapa cara untuk mencegah penyakit rasang tenggorakan di tengah polusi udara.

1. Sering Cuci Tangan

Cara pertama ialah sering mencuci tangan terlebih usai terpapar dari luar. Kondisi udara yang buruk tentu akan membuat sejumlah bagian tubuh khususnya tangan terpapar debu dan bakteri.

Pastikan Anda segera membersihkan tubuh saat pulang dari berpergian. Tak lupa pula untuk selalu mencuci tangan sebelum makan atau saat hendak memegang ajr wajah.

2. Menggunakan Air Purifier

Kemudian menggunakan air purifier di rumah. Dilansir NDTV, air purifier dapat membersihkan udara di dalam rumah dan memberikan kualitas udara yang lebih baik.

Cara ini akan membantu Anda tetap di dalam dan menghirup udara bersih, dan bisa membantu untuk mengurangi risiko terkena radang tenggorokan.

 BACA JUGA:

3. Mengonsumsi Teh Kamomil

Teh kamomil tak hanya menyegarkan, tapi juga memiliki manfaat untuk mencegah radang tenggorakan akibat polusi udara.

Teh kamomil dikenal memiliki sifat antiradang untuk mengurangi pembengkakan dan kemerahan. Teh kamomil juga memiliki sifat antioksidan yang bermanfaat untuk perbaikan jaringan dan kesehatan. Tindakan antispasmodik chamomile juga mengurangi batuk.

Baca Juga  Kudeta di Niger, Kemlu RI Pastikan 3 WNI dalam Kondisi Aman : Okezone Nasional


Follow Berita Okezone di Google News


4. Menggunakan Masker

Bila saat pandemi Covid-19 kita wajib bermasker, publik juga harus kembali mengenakan pelindung wajah ini untuk terhindadi daei polusi udara.

Penggunaan masker bisa menghindari menghirup racun yang ada di udara. Gunakan selalu masker Anda saat berkegiatan di luar rumah agar terhindar dari bahaya polusi termasuk kondisi radang tenggorokan.

5. Istirahat dan Perbanyak Air Putih

Satu lagi cara yang tepat untuk terhindari dari radang tenggorokan akibat polusi adalah istirahat yang cukup dan perbanyak konsumsi air putih.

Hal ini bisa menambah sistem imunitas tubuh agar tak mudah sakit di tengah paparan polusi udara. Mengonsumsi air putih yang cukup juga membuat tubuh terhindar dari dehidrasi dan menjaga tenggorakan dari rasa kering dan gatal.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *