Program Perahu Listrik Ganjar Pranowo Banyak Manfaat, Layak Diterapkan Secara Nasional : Okezone News

Program Perahu Listrik Ganjar Pranowo Banyak Manfaat, Layak Diterapkan Secara Nasional : Okezone News

JAKARTA – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo komitmen untuk melakukan transisi energi di Jateng. Salah satunya peluncuran program bantuan perahu listrik bagi nelayan di Jateng.




Pengamat ekonomi, Andhika Nurwin menilai program Ganjar mendorong transisi energi sudah baik. Program tersebut layak diterapkan secara nasional karena memiliki banyak manfaat.

“Menurut saya, program ini sudah sangat baik sebagai inisiasi dari peralihan yang sebelumnya menggunakan energi fosil atau tidak terbarukan menjadi energi bersih dan juga terbarukan,” ujar Andhika dalam keterangannya, Sabtu (12/8/2023).

Andhika melihat berbagai program transisi energi yang dibuat Ganjar di Jateng sejalan dengan program nasional dan global. Transisi energi sangat penting untuk melindungi lingkungan hingga meredakan dampak pemanasan global.

Ada berbagai manfaat dari program kapal listrik yang diluncurkan Ganjar. Dari sisi penawaran, Andhika menyebut Indonesia sebagai penghasil sebagai penghasil nikel terbesar di dunia.

Andhika mengatakan mineral nikel adalah bahan yang digunakan dalam pembuatan baterai kendaraan listrik, potensi tersebut membuat Indonesia mempunyai sumber daya yang sangat kuat untuk baterai kendaraan listrik, sehingga potensi suplai energi transportasi sangat banyak digunakan dan juga ramah lingkungan.

“Kedua, saya melihat dari supply side juga ketika perahu listrik itu bisa menggunakan sumber energi matahari. Data Bank Dunia pada tahun 2018, daerah Indonesia Timur terutama wilayah Tenggara sumber energi fotovoltaik sangat tinggi dan juga bisa digunakan sepanjang tahun,” ujarnya.

Ketika energi listrik sudah banyak digunakan maka Indonesia akan lebih mudah mengembangkan teknologi sumber panas matahari tersebut ke dalam bentuk energi listrik atau energi lainnya, seperti bahan bakar hidrogen yang juga bersih lingkungan sehingga semakin banyak variasi-variasi sebagai alternatif sumber daya listrik selain menggunakan mineral.

Baca Juga  Tips Menjadi Cepat Kaya Di Jayapura Versi Kami

Baca Juga: Dorong Desa Wisata, Pertamina Luncurkan Wajah Baru Balkondes Wringinputih


Follow Berita Okezone di Google News


Kemudian, Andhika menyebut keunggulan lain dilihat dari sisi permintaan. Kawasan ibukota negara baru atau sering disebut IKN yang terdapat di Pulau Kalimantan mempunyai banyak daerah dengan hamparan sungai yang panjang dan lebar.

Ada manfaat berlipat ketika penggunaan perahu listrik akan semakin massal di daerah tersebut. Pertama yaitu potensi perikanan. Dengan potensi perahu listrik yang akan digunakan oleh para nelayan.

“Kemudian perahu listrik juga bisa digunakan sebagai alat transportasi antar daerah terutama daerah yang mempunyai wilayah air yang cukup luas. Maka Indonesia bisa mengembangkan transportasi air dengan energi listrik yang kuat, tidak hanya di supply side tapi juga di demand side,” ujar Andhika.

Terakhir, Andhika mengatakan penggunaan perahu listrik dapat mengurangi beban bahan bakar minyak yang dikonsumsi oleh masyarakat. Dia mengingatkan isu BBM selalu menjadi polemik, terutama ketika BBM itu menggunakan subsidi seperti solar subsidi, premium, dan juga pertalite.

“Beban BBM subsidi akan selalu menjadi beban anggaran pemerintah, ketika beban subsidi tersebut semakin bisa dikurangi maka penggunaan energi listrik akan lebih banyak menghemat subsidi. Sehingga subsidi tersebut bisa diarahkan ke sektor-sektor lain, seperti sektor pendidikan dan juga kesehatan,” ujarnya.

Lebih dari itu, Andhika kembali menyebut bahwa program perahu listrik yang dicanangkan oleh Ganjar sangat baik dan diharapkan bisa diterapkan di berbagai wilayah di Indonesia.

“Program kapal listrik yang dicanangkan oleh Gubernur Jawa Tengah Pak Ganjar Pranowo sudah sangat baik dan mudah-mudahan bisa implementasi ke wilayah-wilayah Indonesia yang lainnya yang lebih luas,” ujar Andhika.

Baca Juga  Harga mobil sport di Makassar terkini

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *