Varian Covid-19 Alami 113 Mutasi pada Pasien di Jakarta, Begini Tanggapan Pakar : Okezone health

Varian Covid-19 Alami 113 Mutasi pada Pasien di Jakarta, Begini Tanggapan Pakar : Okezone health

AWAL pekan ini heboh soal ditemukannya varian virus Covid-19 yang mengalami 113 mutasi pada pasien di Jakarta. Kabarnya mutasi Covid-19 tersebut lebih mudah menular ketimbang dengan varian sebelumnya.

Covid-19

Terkait hal tersebut, Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara sekaligus Mantan Dirjen Pengendalian Penyakit serta Mantan Kabalitbangkes, Prof Tjandra Yoga Aditama mencoba memberikan tanggapannya.

Menurutnya Covid-19 masih terus bermutasi dan akan menimbulkan varian-varian baru dari waktu ke waktu. Pada kesempatan tersebut Prof Tjandra Yoga Aditama juga menjelaskan bahwa varian virus tersebut dapat bermutasi menjadi tiga skenario.

“Skenario Base yakni standart seperti varian-varian sekarang pada umumnya. Best di mana varian baru akan lebih lemah dari sebelumnya dan tidak perlu pengulangan vaksin baru dan lain-lain,” ucap Prof Tjandra, kepada Okezone.com, Rabu (2/8/2023).


Follow Berita Okezone di Google News


Selain itu Prof Tjandra juga mengatakan bahwa skenario ketiga mutasi varian Covid-19 bisa menjadi Worst. Di mana varian baru memang lebih berat dari varian sebelumnya.

“Laporan sampel dari Indonesia yang disebut memiliki banyak sekali mutasi dan lebih menular perlu dianalisa lebih dalam, baik secara genomik maupun epidemiologik lapangan. Artinya, secara genomik di cek analisa rantai molekulernya, baik pada kasus itu maupun pada kasus lain dari Indonesia yang dikirim ke GISAID,” tuturnya.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Viral Wine Berlabel Halal, Perindo Minta Pengawasan Pengajuan Produk Halal Perlu Ditingkatkan : Okezone Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *