Viral Lalat Hijau dalam Air Kemasan, Ini Bahayanya jika Dikonsumsi : Okezone health

Viral Lalat Hijau dalam Air Kemasan, Ini Bahayanya jika Dikonsumsi : Okezone health

BEBERAPA waktu lalu jagat maya dihebohkan dengan video air minum kemasan yang berisi lalat hijau di dalamnya.

Video itu pun langsung menjadi viral usai diunggah akun TikTok, @gunawanwaan. Rekaman tersebut menunjukkan seekor lalat mati dan tampak mengapung di dalam air.

“Ada lalat di dalam kemasan air mineral,” tulis akun TikTok tersebut, dikutip Okezone, Sabtu (5/8/2023).

Lebih lanjut, air kemasan itu terlihat dalam keadaan penuh dan masih disegel. Konsumen tersebut bahkan memastikan bahwa air kemasan gelas itu benar-benar tertutup dan dalam kondisi baru.

Air putih

“Padahal di-press,” tuturnya.

Seperti diketahui, lalat sering kali dikaitkan dengan hewan yang kotor dan bisa membawa penyakit bila terkontaminasi dengan makanan atau minuman. Meski kelihatannya kecil, lalat juga bisa berbahaya terutama jika menyangkut makanan kita.

Dilansir Madsen Pest, lalat bisa membawa beberapa penyakit dan parasit berbahaya termasuk gangren, disentri, tuberkulosis, antraks, dan bahkan wabah penyakit. Faktanya, lalat dua kali lebih mungkin menyebarkan penyakit dibandingkan kecoak.


Follow Berita Okezone di Google News


Apakah Makanan dan Minuman yang Dihinggapi Lalat Masih Dapat Dikonsumsi?

Menurut The University of Sydney, lalat menghabiskan lebih banyak waktu mereka di limbah hewan dan tumbuhan yang membusuk. Limbah tersebut dapat berupa berbagai patogen dan parasit.

Selain meninggalkan jejak kaki yang dipenuhi patogen, lalat juga meninggalkan kotorannya di makanan dan minuman yang mereka hinggapi. Untuk itu, meski hanya hinggap beberapa detik di makanan, lalat sudah menyebarkan banyak kuman dan kotoran di lauk ataupun minuman kita.

Tentu kuman itu bisa saja tertelan dan menimbulkan penyakit seperti diare, tifoid atau tifus, hingga keracunan makanan. Untuk itu, penting untuk menjaga makanan dan minuman kita tetap bersih dan ada baiknya tak mengonsumsinya lagi bila sudah dihinggapi oleh lalat.

Baca Juga  Manchester United Incar Mesin Gol Seharga Rp250 Miliar!

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *