Konsumsi Bakso Bikin Asam Urat? Cek Faktanya : Okezone health

Konsumsi Bakso Bikin Asam Urat? Cek Faktanya : Okezone health

KONSUMSI bakso bikin asam urat? Pertanyaan ini mungkin sering terlintas di benak orang banyak. Akibatnya, banyak pula yang berhati-hati.

Padahal, bakso menjadi kuliner favorit orang banyak. Rasa daging yang kenyal pun begitu menggugah selera ketika gigitan pertama.

Lantas, apakah makan bakso bisa asam urat?

Sebenarnya, salah satu penyebab asam urat adalah pola makan. Tidak melulu tentang bakso.

Namun, semua itu bisa saja terjadi jika kamu mengonsumsi secara berlebihan.

Apalagi makanan yang mengandung banyak purin, dapat memicu penyakit asam urat. Purin adalah zat dalam makanan yang bersumber dari hewan maupun tumbuhan.

Bakso

Makanan yang mengandung purin di antaranya jeroan seperti hati, ginjal, otak dan organ lainnya; daging, daging sapi, daging domba, dan daging babi; makanan laut seperti ikan teri, sarden, makarel/ikan kembung, ikan, haring, dan kerrang; kuah daging kental; dan minuman beralkohol.

Bakso berbahan utama daging sapi dan kuahnya pun merupakan rebusan daging beserta tulang sapi, sehingga cita rasa gurih dan rasa daging dalam bakso ini sangat kuat. Sehingga, bakso memiliki kandungan purin, yang dapat memicu kadar asam urat dalam darah menjadi tinggi.

Namun, dokter masih membolehkan penderita asam urat tinggi untuk mengonsumsi bakso, serta makanan yang mengandung purin lainnya selama tidak terlalu sering dan berlebihan. Kamu yang lebih tahu seberapa jauh kemampuan tubuhmu.


Follow Berita Okezone di Google News


(end)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Momen HUT ke-78 RI, Ustaz Yusuf Mansur Gelar Doa Bersama di Yayasan Pendidikan Islam Ar Risalah Jaktim : Okezone News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *