5 Contoh Sejarah sebagai Ilmu, Ciri-Ciri dan Penjelasan Lengkap : Okezone Edukasi

5 Contoh Sejarah sebagai Ilmu, Ciri-Ciri dan Penjelasan Lengkap : Okezone Edukasi

JAKARTA – Terdapat 5 contoh sejarah sebagai ilmu, ciri-ciri dan penjelasan lengkap sebagai acuan dalam pembelajaran. Dengan mempelajari sejarah sebagai sebuah ilmu maka seseorang dapat memiliki pemahaman terhadap peristiwa secara lebih mendalam.

Sejarah sebagai ilmu diartikan bahwasanya sejarah merupakan pengetahuan mengenai peristiwa di waktu lampau. Kemudian peristiwa itu kembali disusun dengan sistematis menggunakan pendekatan metode ilmiah. Dengan begitu sejarah akan menjadi lebih mudah dipelajari.

Untuk lebih mudah mengetahui sejarah sebagai ilmu, berikut 5 contoh sejarah sebagai ilmu, ciri-ciri dan penjelasan lengkap.

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu

1. Masuknya Islam Melalui Perdagangan di Pelabuhan Barat Pulau Jawa

Peneliti telah melakukan berbagai analisis untuk mengetahui jalur masuknya pengaruh Islam dengan melalui jalur perdagangan di pelabuhan barat pulau Jawa.

Salah satunya dengan mencatat setiap peristiwa ketika umat muslim menyebarkan ajaran di berbagai pelabuhan seperti di pelabuhan Banten dan Sunda Kelapa (Jakarta).

 BACA JUGA:



Follow Berita Okezone di Google News


2. Masuknya Hindu Budha ke Indonesia

Sejarah masuknya budaya dan agama Hindu Budha di Indonesia dapat dipahami karena terdapat berbagai teori yang menjelaskan tentang terjadinya peristiwa tersebut.

Dengan berbagai referensi yang terus ditemukan dan dikembangkan, membuat peristiwa ini masih terus menjadi salah satu topik pembahasan yang menarik dalam sejarah Indonesia.

3. Asal Usul Nenek Moyang Indonesia

Berikutnya adalah sejarah asal usul nenek moyang di Indonesia. Berbagai teori telah berusaha menjelaskan mengenai peristiwa ini secara detail.

Sebagian besar teori mengatakan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari China Selatan.

4. Interaksi Budaya di Zaman Penjajahan

Peneliti tidak henti-hentinya melakukan pemeriksaan catatan sejarah untuk membuktikan adanya interaksi budaya di zaman penjajahan.

Baca Juga  MA Potong Hukuman Putri Candrawathi Jadi 10 Tahun Penjara : Okezone Nasional

Dalam salah satu catatan ditemukan para penjelajah seperti Marcopolo dan Christopher Columbus melakukan pertukaran budaya melalui misi penjelajahan dunia.

5. Perang Dunia II dan Dampaknya bagi Negara Eropa

Peristiwa Perang Dunia II dan dampaknya bagi negara Eropa masih terus menarik untuk dipelajari hingga saat ini. Hal ini karena peneliti mampu melakukan penelitian dengan memeriksa begitu banyak dokumen milik pemerintah dan begitu banyak arsip lainnya yang bisa dikulik.

Ciri-ciri Sejarah Sebagai Ilmu

  • Memiliki objek. Hal ini berarti kita menempatkan sejarah sebagai ilmu yang harus memilih objek untuk dapat diamati. Pasalnya objek merupakan bukti suatu peristiwa pernah terjadi.
  • Empiris. Maksud dari empiris adalah informasi sejarah yang berasal dari pengamatan, fakta, dan dokumentasi. Baik secara tertulis maupun non tulis.
  • Metode ilmiah. Proses penelitian sejarah wajib melibatkan metode-metode ilmiah mulai dari mengumpulkan data, bukti, hingga dalam penarikan kesimpulan.
  • Generalis: Artinya sejarah harus memiliki keteraturan, tujuannya agar dapat diaplikasikan secara umum.
  • Teori dan kerangka pemahaman. Sejarah sebagai ilmu melibatkan teori-teori untuk membantu menjelaskan pola yang terjadi dan berbagai peristiwa lainnya yang juga terjadi.

Demikian informasi 5 contoh sejarah sebagai ilmu, ciri-ciri dan penjelasan lengkap. Terimakasih.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *